Header Ads

Breaking News
recent

Tips Web Hosting - Layanan Web Hosting Mana yang Cocok untuk Saya?


Setelah kita menentukan nama domain kita, kita harus meng-host-nya di suatu tempat agar tersedia di internet. Ada hal-hal penting yang harus kita pertimbangkan ketika memilih layanan hosting. Jadi, mari kita langsung ke intinya, kita semua ingin bisnis kita menghasilkan uang secepatnya, bukan?


Pertama, jika Anda tidak benar-benar beranggaran rendah, Anda harus menggunakan hosting berbayar. Tidak semua hosting web gratis di luar sana nakal, tetapi ada lebih banyak hal yang dapat dilakukan hosting berbayar daripada yang gratis. Namun, jika Anda tidak punya banyak pilihan, saya merekomendasikan WordPress.com atau Blogger.com untuk layanan hosting gratis.



Anda juga berhak mengetahui bahwa ketika situs Anda berkembang dan menjadi lebih dikenal, Anda akan ingin melakukan modifikasi pada situs Anda dan beberapa di antaranya mungkin tidak dapat dilakukan. Hal ini akan membuat Anda membeli hosting berbayar dan nama domain baru untuk di-host. Dan Anda harus membangun kesadaran lain untuk situs baru Anda. Jadi, putuskan dengan bijak!


Lokasi Hosting


Tergantung pada target pasar Anda, Anda lebih baik memilih server hosting di area yang sama. Misalnya, jika AS adalah target pasar Anda, maka pilihlah daftar perusahaan hosting yang berbasis di AS. Bahkan jika Anda menargetkan internasional, Anda perlu tahu dari mana sebagian besar pengunjung Anda berasal dan kemudian memilih server host di lokasi yang sama atau terdekat. Terkadang hosting web lokal memang mahal, tetapi jika Anda memiliki produk yang hanya cocok di wilayah tertentu dan memiliki prospek yang cerah, beberapa adonan lagi seharusnya tidak menjadi masalah.


Ruang disk


Untuk membuat situs/blog kita dapat diakses dari seluruh dunia, kita perlu meletakkan file situs kita di server host, menggunakan ruang disk mereka. Ada banyak paket web hosting yang masing-masing menawarkan kuota ruang yang berbeda untuk menyimpan file Anda. Jika Anda baru memulai sebuah situs dari awal, Anda tidak memerlukan ruang disk yang besar. Ruang disk space 50 MB sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda selama setahun. Namun seiring dengan bertambahnya ukuran konten situs Anda, Anda akan membutuhkan ruang yang lebih besar untuk situs Anda. Ada dua opsi untuk Anda, Anda dapat memutuskan mana yang akan diambil berdasarkan anggaran Anda saat ini. Jika anggaran Anda terbatas, Anda dapat merujuk ke layanan web hosting yang menyediakan paket secara bulanan. Tetapi jika Anda memiliki lebih banyak uang untuk dibelanjakan, lebih baik mengambil penawaran dengan jangka waktu yang lebih lama, seperti tahunan atau dua tahunan. Mereka menawarkan biaya bulanan yang lebih rendah, tetapi Anda harus mendaftar untuk layanan satu atau dua tahun penuh.


Bandwidth


Ketika pengunjung melihat halaman web Anda, mereka memiliki file situs seperti gambar, teks, video, suara, dll yang disimpan di folder temp mereka. Jumlah data yang ditransfer ke komputer pengunjung setiap kali mereka melihat halaman Anda adalah apa yang Anda butuhkan untuk memperkirakan berapa banyak kuota bandwidth yang akan Anda pesan selama sebulan. Jika Anda memulai situs baru, 200 hingga 500 MB sebulan harus mencakup transfer data Anda. Untuk memperjelas gambar, hit biasa biasanya mentransfer 10-30 KB data (mungkin melebihi jika Anda menggunakan banyak gambar atau video), jadi jika Anda memiliki 200 MB kuota bandwidth, situs Anda dapat menerima 6.000-20.000 hit per bulan, di mana situs baru biasanya mendapat (tanpa mengecilkan hati Anda :) ) lebih rendah dari 6.000 kunjungan sebulan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghabiskan anggaran Anda untuk sesuatu yang belum Anda butuhkan.


Akses FTP


Ini sangat penting! Karena Anda akan membutuhkannya untuk mengunggah file baru ke situs Anda, mengedit atau menghapus beberapa konten. Tidak disarankan untuk memilih layanan yang mengganti Akses FTP dengan pembangun situs mereka sendiri kecuali jika mereka menyediakan Akses FTP juga, karena mereka biasanya membatasi modifikasi yang dapat Anda lakukan pada situs Anda. Anda bisa memiliki lebih banyak hak istimewa dan area yang lebih luas dalam mengadministrasikan situs Anda menggunakan Akses FTP.


Harga


Pertama, tentukan berapa banyak yang akan Anda keluarkan untuk web hosting per tahun. Kemudian buatlah daftar layanan web hosting yang Anda temukan di internet. Kemudian, cari harga untuk satu atau dua tahun penuh. Seperti yang saya sarankan di atas, jika Anda mampu membeli jangka waktu yang lebih lama, lakukanlah! Jika tidak, pilihlah paket alternatif dengan harga yang lebih murah. Paket-paket ini biasanya hadir dengan jangka waktu yang lebih pendek, bandwidth ruang disk yang lebih sedikit. Namun, jika Anda merasa itu cukup untuk Anda, segera beli dan pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik, karena seberapa baik Anda menggunakan sumber daya Anda lebih menentukan daripada memiliki sumber daya yang hebat tetapi tidak tahu bagaimana memanfaatkannya.


Itulah hal-hal yang dapat Anda amati dengan membaca halaman web mereka. Ada juga informasi yang perlu Anda lihat atau dengar dari orang lain. Anda dapat menemukan informasi ini di situs web atau forum perbandingan hosting.


Keamanan dan Pencadangan


Bahkan jika situs Anda adalah anak baru di blok, Anda akan menginginkan host yang aman untuk memastikan pembuat uang Anda tidak akan mudah dibobol. Terutama jika Anda memilih untuk menjalankan situs web e-niaga, keamanan menjadi salah satu yang paling vital untuk memastikan bisnis Anda bertahan.


Seperti PC atau laptop Anda, Anda perlu mencadangkan sistem dan data Anda secara berkala (Anda melakukannya, bukan?). Begitu juga dengan bisnis online Anda. Ini adalah sumber penghasilan Anda dan Anda ingin membuat duplikatnya ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi ketika semua antisipasi Anda gagal. Setidaknya Anda tidak perlu memulai dari awal lagi.


Waktu aktif, dukungan, dan kecepatan akses


Uptime biasanya dihitung dalam jam per bulan. Ini mewakili berapa jam server mengalami downtime di mana situs yang dihosting tidak dapat diakses. Waktu henti yang ideal adalah paling banyak 80 jam per bulan. Sebagian besar perusahaan hosting mempromosikan jaminan uptime 99%. Meskipun tidak semuanya bohong, Anda dapat mengawasi faktor ini saat mencari info di forum, ulasan, dan perbandingan hosting.


Ketika Anda mengalami masalah dengan layanan hosting Anda, Anda harus tahu ke mana harus bertanya. Apakah perusahaan hosting tersebut menyediakan tim dukungan yang benar-benar mendukung atau hanya mesin penjawab? Carilah informasi untuk ini dari pengalaman pengguna yang ditulis di forum dan ulasan.


Apa yang akan Anda lakukan jika Anda harus menunggu satu menit penuh hanya untuk melihat judul sedang dimuat. Dan dibutuhkan 3 menit lagi untuk menampilkan seluruh halaman. Memang benar bahwa kecepatan akses dipengaruhi oleh jumlah file multimedia dan teks yang ditampilkan pada halaman Anda, tetapi kinerja server hosting juga berpengaruh sama. Jika halaman web sederhana yang sebagian besar terdiri dari teks di server yang tertinggal memuat selambat halaman multimedia, pengunjung tidak akan keberatan untuk meninggalkan dan pergi ke situs pesaing Anda. Pertimbangkan juga bahwa kecepatan akses memainkan peran utama dalam mendapatkan pengunjung dan menjaga mereka tetap datang. Baca atau dengarkan apa yang dikatakan orang tentang pengalaman mereka hosting situs mereka dan lihat bagaimana pendapat mereka tentang kecepatan akses situs mereka.


Tips tambahan di bawah ini akan membantu Anda dengan cepat memutuskan layanan hosting mana yang perlu Anda amati lebih lanjut dan mana yang harus dilupakan. Ini akan menghemat waktu Anda dan meminimalkan peluang Anda disalahgunakan.


Jangan membeli transfer data atau penyimpanan disk "tak terbatas". Itu tidak mungkin! Promosi hosting domain dalam jumlah terbatas bisa diterima, tetapi percaya penyimpanan tak terbatas seperti percaya bahwa manusia hidup selamanya.

Jika Anda tidak dapat menemukan Ketentuan Layanan mereka di situs mereka atau Anda perlu menghabiskan waktu berjam-jam mencarinya, jangan repot-repot mempelajari penawaran mereka. ToS adalah perlindungan Anda! Jika mereka menyembunyikannya, mereka tidak peduli dengan situs dan bisnis Anda. Jadi pilihlah mitra Anda dengan hati-hati!

Agar lebih objektif, saya sarankan Anda untuk mengumpulkan informasi dari berbagai perbandingan hosting. Jika sebuah perusahaan hosting masuk dalam daftar sepuluh besar atau lima besar di lebih dari satu perbandingan hosting, maka kemungkinan besar itu adalah perusahaan hosting tepercaya dan banyak orang puas dengan layanan mereka.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.