Header Ads

Breaking News
recent

Bagaimana Memahami Hosting Situs Web


Baik Anda adalah bisnis yang sedang berkembang yang berencana memulai bisnis situs web atau hanya seorang programmer situs web yang mencari akun hosting yang bagus, ada baiknya Anda mempelajari cara kerja web hosting untuk memastikan bahwa peluncuran situs web Anda berjalan lancar.


Ada banyak perusahaan hosting situs web di internet, dan semuanya menawarkan daftar layanan yang berbeda untuk berbagai jenis situs web. Berikut ini beberapa fitur umum yang akan Anda lihat pada sebagian besar host web dan cara menguraikannya.



Ruang Situs Web: Ruang situs web adalah lokasi aktual tempat file dan gambar situs web Anda berada. Halaman web HTML Anda dan bahkan halaman pemrograman web Anda akan disimpan di lokasi ini. Beberapa host web menawarkan 100MB dan yang lainnya menawarkan hingga 10.000MB atau lebih.


Jika situs web perusahaan Anda hanya menggunakan lima hingga tujuh halaman maka bahkan 100MB mungkin terlalu banyak ruang karena hampir semua halaman web rata-rata hanya membutuhkan sedikit ruang.


Jika situs web Anda berbasis konten dan membutuhkan banyak gambar, teks, artikel, video, maka Anda harus memastikan bahwa host Anda memiliki lebih dari 100mb ruang web. Sering kali ruang web tidak akan menjadi faktor utama saat mencari host web. Sebagian besar host akan memberi Anda banyak ruang web untuk situs web rata-rata.


Bandwidth / Lalu Lintas / Transfer Bulanan: Bandwidth adalah berapa banyak informasi yang dapat ditransfer dari situs web Anda.


Anggap saja seperti ini. Jika Anda memiliki 1 halaman web yang memakan 1mb dan batas bandwidth bulanan Anda adalah 100mb. Ini berarti bahwa setelah 100 orang mengunjungi situs web Anda, maka batas bandwidth Anda akan dimaksimalkan. Anda tidak akan memiliki bandwidth yang tersedia hingga bulan berikutnya. Sebagian besar waktu meskipun host situs web menawarkan batas bandwidth bulanan 3.000 MB atau 10.000 MB. Jangan khawatir tentang bandwidth karena 99 persen halaman web Anda tidak akan memakan 1mb.


Setelah Anda mulai menghasilkan ribuan pengunjung setiap bulan dan melihat bandwidth Anda meningkat maka Anda mungkin harus membayar biaya tambahan untuk bulan itu untuk bandwidth ekstra, dan pertimbangkan untuk meningkatkan akun hosting Anda. Seperti halnya bandwidth ruang situs web, bandwidth seharusnya tidak menjadi masalah saat mencari host web karena sebagian besar akan memberi Anda bandwidth yang memadai untuk situs web Anda.


Bahasa Pemrograman Situs Web: Jika Anda memiliki fitur-fitur seperti Formulir Komentar - untuk mengirim email komentar langsung dari pengunjung ke akun email online, Newsletter Opt-in untuk pengunjung Anda atau fitur dinamis lainnya, maka Anda perlu memiliki dukungan untuk bahasa pemrograman web. Ada beberapa bahasa pemrograman web. Untuk mengetahui mana yang Anda butuhkan untuk situs web Anda, tanyakan kepada tim pengembangan situs web Anda dan cari tahu. Mereka mungkin sudah tahu bahasa pemrograman mana yang mereka rencanakan untuk digunakan untuk situs web Anda. Bahasa Pemrograman Web yang umum termasuk PHP, Net dan CFML.


Bahasa Pemrograman Web akan menjadi faktor besar ketika mencari host web karena setiap perusahaan akan menawarkan kombinasi dukungan yang berbeda untuk bahasa pemrograman web, jadi pilihlah dengan hati-hati.


Database: Jika situs web Anda perlu menyimpan alamat email pengunjung, nama, dan informasi penting lainnya, atau menyimpan katalog semua produk Anda, maka Anda perlu menggunakan database. Beberapa database paling umum yang banyak digunakan termasuk Microsoft SQL Server, MySQL, dan Access. Hampir semua paket hosting akan menyediakan dukungan untuk setidaknya salah satu dari database ini. Sedangkan untuk pemrograman web, Anda perlu bertanya kepada tim pengembang situs web Anda database mana yang mereka rencanakan untuk digunakan.


Hosting Domain: Sebagian besar waktu meskipun perusahaan hosting situs web akan memungkinkan Anda untuk meng-host satu nama domain seperti com, atau net, tetapi beberapa host situs web mendukung hosting untuk beberapa nama situs web. Ini adalah fitur yang hebat karena ini memungkinkan Anda untuk meng-host beberapa situs web pada satu host, dan mengelola semuanya dari tempat yang nyaman. Kelemahannya adalah Anda harus berbagi ruang situs web Anda, bandwidth Anda, dan bahkan mungkin beberapa fitur lainnya dengan situs web Anda yang lain. Jika tujuan Anda adalah memiliki lebih dari satu situs web, maka ada baiknya Anda mencari tahu dengan tepat berapa banyak domain yang diizinkan oleh host web Anda di akun Anda.


Email: Email seharusnya tidak menjadi masalah saat mencari host web. Banyak perusahaan web hosting mendukung beberapa jenis akun email yang memungkinkan Anda memiliki alamat email dengan nama situs web Anda: sales at yourwebsitename atau semacamnya. Ingatlah jumlah ruang situs web yang Anda gunakan untuk email Anda mungkin terbatas pada akun situs web Anda secara keseluruhan, jadi jika memungkinkan hapuslah email-email yang besar dan tidak diinginkan.


Dukungan Pelanggan: Dukungan tidak akan menjadi faktor sampai menjadi faktor. Inilah sebabnya mengapa ide yang bagus untuk berbicara dengan staf hosting dan melihat bagaimana mereka merespons. Layanan pelanggan yang hebat akan menjadi faktor yang sangat penting, dan biasanya terserah perusahaan situs web Anda yang akan bekerja sama dengan mereka.


Jadi, bagaimana Anda memutuskan web host mana yang tepat untuk Anda?


Metode yang baik adalah pertama-tama mencari tahu hosting situs web mana yang lebih penting bagi Anda. Jika situs web Anda menawarkan video pelatihan bisnis yang memakan banyak bandwidth, maka Anda harus menemukan host situs web yang dapat memberi Anda banyak bandwidth kecuali Anda lebih suka menunggu sampai berubah menjadi hambatan. Video sering kali memakan ratusan bahkan ribuan kali lebih banyak bandwidth daripada halaman web biasa dan dalam hal ini prioritas pertama Anda selama pencarian Anda harus memastikan bahwa host Anda menyertakan bandwidth yang memadai. Jika Anda menemukan host yang Anda sukai dan jika bandwidth berubah menjadi masalah maka pastikan bahwa perusahaan hosting memungkinkan kemampuan untuk meningkatkan layanan hosting Anda. Bersiaplah dan pastikan untuk mengetahui biaya untuk paket yang ditingkatkan.


Setelah Anda menemukan host yang bagus, cobalah hosting situs web Anda secara bulanan alih-alih paket diskon jangka panjang. Sama seperti perusahaan lain, perusahaan akan menawarkan harga yang lebih rendah untuk memotivasi Anda membeli kontrak jangka panjang. Tidak ada yang salah dengan memiliki kontrak jangka panjang, tetapi itu tidak sepadan jika Anda memutuskan Anda tidak menyukai host ini, atau jika Anda menemukan host yang lebih baik.


Jika Anda masih tidak yakin host mana yang harus didaftarkan, tanyakan saja pada webmaster Anda. Mereka dapat merekomendasikan host web atau menawarkan untuk meng-host situs web Anda dengan mereka. Anda juga akan melihat host situs web memberi Anda fitur tambahan seperti fungsionalitas e-niaga, statistik situs web, perangkat lunak panel kontrol yang mudah digunakan seperti Plesk, dan fitur hebat lainnya serta program perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengelola dan membuat situs web yang hebat.


Server Khusus


Jika tidak satu pun dari paket-paket itu terdengar benar atau jika Anda berencana membuat situs web jenis gateway, dengan banyak konten, gambar, video, dan jika Anda ingin dapat menginstal perangkat lunak khusus Anda sendiri, maka ada opsi lain untuk Anda, server khusus. Dengan server khusus, Anda dapat menginstal perangkat lunak Anda sendiri, mendukung pilihan bahasa pemrograman Anda sendiri, dan seperti judulnya, server ini didedikasikan untuk situs web atau situs web Anda tergantung pada apa yang Anda butuhkan. Biayanya biasanya 8 hingga 10 kali lebih banyak daripada host web rata-rata Anda, tetapi ini memungkinkan Anda lebih banyak kontrol dan memberi Anda lebih banyak cara untuk menyesuaikannya. Dan jika Anda berencana menghosting lusinan situs web maka Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan server khusus.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.