Header Ads

Breaking News
recent

Definisi Web Hosting - Apa Itu dan Layanan Mana yang Harus Dipilih Pemasar Internet


Sekarang setelah Anda menyiapkan situs web dan memiliki strategi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis internet marketing, komponen penting berikutnya dari bisnis Anda adalah web hosting. Sebuah halaman web tidak akan berguna jika tidak diluncurkan secara online dan tanpa layanan web hosting yang andal, hal ini tidak mungkin dilakukan. Pahami apa itu web hosting dan bagaimana hal itu dapat dimaksimalkan untuk menguntungkan bisnis internet marketing Anda.



Web hosting didefinisikan


Web hosting mengacu pada proses penyediaan layanan kepada individu, grup, dan perusahaan untuk membantu mereka membuat situs web mereka dapat diakses di Internet. Perusahaan yang menawarkan layanan ini disebut web host. Mereka menyediakan pusat data, ruang yang diperlukan untuk memuat informasi tentang situs web dan konektivitas Internet. Pusat data mereka disebut kolokasi.


Layanan hosting web


Ada beberapa jenis layanan web hosting yang ditawarkan penyedia host. Namun, layanan dasar melibatkan hosting file skala kecil di mana perusahaan menawarkan untuk menghosting halaman web Anda menggunakan antarmuka Web atau FTP (File Transfer Protocol). File diunggah menggunakan salah satu dari ini. Jenis layanan web hosting ini sering ditawarkan secara gratis kepada pelanggan. File yang membentuk halaman web dikirim dan digunakan di Web tanpa pengeditan atau menjalani banyak pemrosesan.


Untuk halaman Web pribadi, layanan hosting satu halaman biasanya sudah cukup. Pelanggan (yaitu Anda, pemasar internet) biasanya bisa mendapatkan ini secara gratis atau setidaknya dengan biaya yang kecil. Web hosting untuk bisnis, di sisi lain, biasanya lebih mahal, terutama karena sebagian besar situs web ini memerlukan fungsi dan fitur yang lebih kompleks. Situs-situs ini akan membutuhkan platform untuk pengembangan aplikasi seperti ASP.NET, Java atau PHP dan sejenisnya dan dukungan database yang lebih solid karena koleksi file dan fungsi yang luas.


Jika Anda akan meng-hosting situs yang akan memproses pemesanan dan pembayaran, misalnya, aplikasi yang tersedia dengan hosting satu halaman saja tidak cukup. Sebuah layanan web hosting harus dapat menawarkan fasilitas yang dapat Anda gunakan untuk e-commerce yang efisien. Jika situs Anda akan menangani e-mail dari klien dan pelanggan, layanan web hosting Anda harus dapat menyediakan layanan untuk itu juga.


Jenis-jenis layanan web hosting yang digunakan di Internet


Hosting web gratis


Layanan ini umumnya gratis, meskipun ada beberapa yang didukung oleh sponsor iklan. Meskipun ini cukup baik untuk situs dan blog pribadi, layanan dan fitur umumnya terbatas.


Hosting web bersama


Jenis layanan ini menawarkan server tunggal yang akan meng-host beberapa situs. Situs Anda akan berbagi satu kumpulan server dan semua sumber dayanya, termasuk prosesor dan memori. Tergantung pada kapasitas server itu, situs web internet marketing Anda dapat bergabung dengan beberapa ratus hingga beberapa ribu.


Hosting khusus


Situs web internet marketing Anda akan memiliki server Web sendiri dan memiliki kontrol penuh. Jika Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam menangani server, ini adalah pilihan yang baik, terutama karena Anda cukup banyak memiliki suara tentang apa yang harus dilakukan dengan server dan bagaimana menggunakan sumber dayanya. Harganya juga cukup terjangkau. Pastikan saja Anda mampu menangani masalah pemeliharaan dan keamanan.


Hosting terkelola


Bagi para internet marketer yang tidak memiliki pelatihan atau latar belakang dalam bidang komputer, ini adalah layanan web hosting yang sangat baik untuk dipilih. Situs web Anda akan menggunakan server web sendiri dengan jenis hosting ini. Namun, Anda tidak akan memiliki akses root ke sana. Fungsi-fungsi administrator tertentu tidak dapat Anda kendalikan. Anda dapat mengelola data Anda menggunakan alat manajemen yang tersedia. Kualitas layanan terjamin karena terserah penyedia layanan untuk memelihara dan memodifikasi server, serta menyediakan masalah keamanan dan pemeliharaan.


Server Khusus Virtual


Jenis web hosting ini membagi satu server menjadi beberapa partisi yang disebut virtual server. Dengan begitu, setiap virtual server berfungsi seperti dedicated server meskipun dibagi oleh beberapa pengguna.


Hosting pengecer


Dalam jenis web hosting ini, Anda menjadi tuan rumah. Jenis fungsi yang menyertai web hosting ini akan bervariasi, tergantung pada siapa penyedia Anda. Anda juga memiliki pilihan pada ukuran akun Anda.


Hosting kolokasi


Dalam jenis hosting ini, Anda akan memiliki server kolokasi tetapi penyedia layanan akan mengelola dan merawatnya secara fisik. Penyedia layanan biasanya menyediakan penyimpanan, listrik dan akses Internet dan mungkin atau mungkin tidak menawarkan beberapa jenis dukungan. Jika Anda memiliki administrator sistem Anda sendiri, dia dapat secara fisik mengunjungi situs server untuk pemeliharaan, modifikasi, dan peningkatan. Bagi para pemasar internet, ini bukan layanan web hosting yang direkomendasikan, terutama karena ini jauh lebih sesuai untuk perusahaan besar dan karena ini juga yang paling mahal.


Mana yang harus digunakan?


Jika Anda membayar untuk akses Internet, tanyakan kepada penyedia layanan Anda untuk paket web hosting. Kebanyakan dari mereka menawarkan layanan hosting gratis dan berbayar. Semua kebutuhan dan persyaratan Anda akan dikelola sehingga tidak perlu mengurus hal-hal teknis. Selalu evaluasi kebutuhan Anda terlebih dahulu dan aplikasi mana yang mungkin Anda gunakan sekarang dan di masa depan sebelum memilih layanan web hosting Anda. Jika Anda tidak merencanakannya, itu bisa berakhir sebagai pengeluaran yang tidak perlu.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.