Header Ads

Breaking News
recent

Bagaimana Cara Memilih Host Web?


Saat ini, jika Anda melihat-lihat di internet, Anda dapat menemukan banyak sekali web host. Begitu banyak sehingga Anda mungkin tidak tahu web host mana yang harus dipilih. Penting untuk membuat pilihan yang tepat saat memilih host web karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Penting untuk membuat pilihan yang tepat sejak awal karena sangat sulit untuk berpindah dari satu host web ke host web lainnya. Karena berpindah dari satu host web ke host web lainnya mungkin memerlukan banyak usaha dan sejumlah besar uang juga.



Saat memilih host web, salah satu fitur terpenting yang harus Anda lihat adalah dukungan pelanggan. Dukungan pelanggan dapat menyelamatkan Anda dari banyak masalah dan mungkin juga sejumlah uang. Dukungan pelanggan memungkinkan Anda untuk melaporkan masalah, atau meminta bantuan kapan pun Anda membutuhkannya, itulah sebabnya fitur ini penting untuk dimiliki. Jika memungkinkan, cobalah untuk memastikan bahwa host web Anda memiliki dukungan pelanggan 24/7. Dukungan pelanggan 24/7 diperlukan karena masalah dapat terjadi kapan saja, namun Anda perlu berhati-hati untuk memastikan bahwa host web Anda memang menyediakan dukungan pelanggan 24/7. Anda dapat memeriksa apakah host web Anda memiliki dukungan pelanggan 24/7. Anda dapat memeriksa apakah host web Anda memiliki dukungan pelanggan 24/7 dengan menghubungi dukungan pelanggan mereka beberapa kali untuk mengujinya.


Fitur berikutnya yang perlu Anda lihat adalah ruang disk dan bandwidth. Ruang disk adalah jumlah ruang yang tersedia untuk Anda. Bandwidth di sisi lain mengacu pada jumlah informasi yang dapat ditransfer. Misalnya, jika Anda memiliki halaman yang berukuran 75KB. Setiap kali seseorang melihat halaman itu, 75KB bandwidth Anda akan digunakan. Tidak ada cara yang pasti untuk menentukan berapa banyak ruang disk dan bandwidth yang Anda perlukan. Tidak mungkin untuk menentukan berapa banyak ruang disk dan bandwidth yang Anda perlukan karena kebutuhan setiap orang berbeda satu sama lain. Saran di sini adalah jangan tertipu oleh host web yang mengklaim bahwa mereka akan menyediakan ruang disk 500GB dan ruang disk 2TB seharga $6,95. Tidak mungkin web host menyediakan layanan semacam itu dengan harga seperti itu karena biaya untuk melakukannya akan jauh lebih besar daripada keuntungan. Jika Anda melihat bahwa web host mengklaim memberikan ruang disk dan bandwidth dalam jumlah yang luar biasa daripada web host tertentu yang overselling. Overselling memberikan kemampuan kepada web host untuk memberikan lebih banyak ruang disk dan bandwidth kepada pelanggan mereka daripada yang mereka miliki, namun jika web host kehabisan ruang disk dan bandwidth Anda tidak akan mendapatkan apa yang telah dijanjikan. Jadi berhati-hatilah terhadap web host dengan klaim yang luar biasa terutama jika harganya sangat rendah.


Fitur lain yang perlu Anda perhatikan saat memilih web host adalah uptime. Uptime penting karena jika situs web Anda tidak aktif, tidak ada yang akan melihat situs web Anda. Jika tidak ada yang dapat melihat situs web Anda, apa gunanya memiliki situs web sama sekali. Jumlah uptime yang Anda cari adalah 99,9% uptime. Uptime 100% meskipun mungkin tampak bagus tidak sepenuhnya baik. Uptime 100% dapat berarti bahwa web host tidak memperbarui server mereka atau melakukan pemeliharaan rutin yang dapat mengakibatkan kinerja server yang ceroboh atau bahkan menyebabkan server macet. Namun uptime 100% dimungkinkan tetapi hanya jika web host melakukan beberapa prosedur kompleks yang mungkin sangat mahal.


Satu fitur lagi, yang perlu Anda lihat saat memilih web host adalah Sistem Operasi (OS) yang digunakan. Biasanya ada dua jenis OS yang digunakan oleh web host di server mereka. Kedua jenis OS tersebut adalah Windows dan Linux. Penting untuk melihat OS karena tergantung pada OS Anda dapat menginstal berbagai jenis skrip pada akun web hosting Anda. Secara pribadi saya lebih suka server berbasis Linux karena server berbasis Linux lebih fleksibel karena Linux open sourced. Open source pada dasarnya berarti bahwa orang dapat memodifikasi perangkat lunak yang memberikan Linux lebih banyak fleksibilitas dan variasi dibandingkan dengan Windows.


Fitur terakhir yang perlu Anda lihat ketika memilih host web adalah kemampuan ekspansi. Kemampuan ekspansi sering diabaikan oleh orang-orang ketika memilih host web. Kemampuan ekspansi pada dasarnya adalah kemampuan untuk berkembang. Kemampuan untuk berkembang sangat penting karena situs web akan tumbuh dan ketika situs web tumbuh, itu akan menuntut lebih banyak sumber daya. Jika paket web host yang paling kuat adalah yang Anda butuhkan sejak awal, kemungkinan besar itu bukan web host yang tepat untuk Anda karena Anda tidak dapat berkembang lagi jika Anda perlu melakukannya.


Secara keseluruhan, selalu ingat untuk melihat dukungan pelanggan, ruang disk dan bandwidth, uptime, OS, dan kemampuan ekspansi saat memilih host web. Saran lain saat memilih web adalah jangan memilih web host tergantung pada harganya. Ini karena host web yang murah mungkin bukan host web yang bagus.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.