Header Ads

Breaking News
recent

Memulai Hosting Web


Seluruh konsep web hosting cukup menarik. Ketika Anda mengunjungi sebuah situs web, sebuah halaman web akan ditampilkan. Halaman web ini diunduh dari server tempat situs web di-host ke browser web Anda. Sebuah situs web berisi banyak halaman web yang terdiri dari gambar grafis dan teks. Halaman-halaman web ini disimpan di server dan diunduh ke browser web ketika seseorang perlu melihatnya.



Jadi jika Anda berniat untuk meng-host situs web, maka hal pertama yang harus Anda miliki adalah host web yang akan memberi Anda ruang web melalui server untuk situs web Anda. Host yang menyediakan fasilitas hosting ini disebut perusahaan atau penyedia web hosting. Setelah situs web Anda berada di server, maka pengguna dapat mengaksesnya melalui internet dan halaman yang diminta akan diunduh ke browsernya dengan mengklik tautan.


Host yang mapan dapat menyediakan fasilitas hosting untuk sejumlah situs web. 'Hostgator', penyedia hosting terkenal menghosting lebih dari 4 lakh situs web di servernya. Untuk ini, diperlukan banyak server web untuk menghosting situs web ini. Setelah itu, server-server ini dihubungkan ke internet. Server-server ini disimpan di 'pusat data' fisik. Karena pusat data ini diperlukan untuk berfungsi sepanjang waktu, maka pusat data ini dibuat sepenuhnya aman dengan cadangan daya 24X7. Pengaturan yang tepat ada di sana untuk melindungi ini dari kebakaran. Data center ini memiliki program deteksi virus dan sistem kontrol suhu dengan fasilitas back-up data yang tepat. Pengaturan untuk pemulihan bencana juga diperlukan untuk data canters ini jika terjadi bencana besar.


Sekarang sejauh menyangkut web hosting, dapat terdiri dari banyak jenis - shared hosting, dedicated hosting, co-location hosting dan reseller hosting. Dalam shared hosting ada beberapa situs web yang berbagi ruang bersama di server. Karena server dapat meng-host banyak situs web, orang berpikir bahwa kinerja server memburuk dengan bertambahnya jumlah situs web yang di-host di server, tetapi ini sama sekali salah karena server dilengkapi dengan komponen kelas atas untuk memenuhi beban tersebut.


Dalam kasus hosting khusus, pelanggan disediakan dengan server tertentu. Karena server didedikasikan untuk satu pelanggan saja, dia dapat meng-host situs web sebanyak yang dia inginkan di server itu. Dalam kasus hosting khusus, pelanggan memiliki opsi untuk mengubah konfigurasi perangkat lunak dan dia dapat menangani lalu lintas situs yang besar. Biaya untuk hosting khusus cukup tinggi dan dapat berkisar dari $ 50 hingga $ 500 per bulan tergantung pada fasilitas yang disediakan oleh perusahaan. Dalam kasus pada hosting co-location, pelanggan juga dapat memiliki perangkat keras server web dengan semua fasilitas hosting khusus. Ini memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pelanggan dalam hal pemeliharaan dan kontrol.


Dalam reseller hosting, ruang web ditawarkan kepada suatu pihak dengan harga diskon oleh penyedia dan pihak ini dapat menjual kembali ruang ini kepada beberapa pelanggan lain untuk mendapatkan keuntungan.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.